MARI BELAJAR,BERMAIN,DAN BERTAMASYA KE TAMAN BOTANI SUKORAMBI

WhatsApp Image 2018-05-25 at 23.13.27.jpeg

Salah Satu dari 63 Destinasi Wisata Jember

Mencari suatu destinasi wisata tidaklah mudah, disamping memenuhi kebutuhan diri akan liburan , disitu perlunya wawasan dan edukasi dari suatu wisata tersebut. Terlebih destinasi wisata itu untuk keluarga. Salah satu destinasi wisata Jember yang tidak hanya menawarkan fasilitas bermain dan tamasya. Tetapi juga memberikan wawasan edukasi ialah Taman Botani Sukorambi.

Taman Botani Sukorambi sendiri merupakan salah satu dari 63 wisata jember yang wajib dikunjungi. Lokasi yang berada dikawasan yang santai dan sejuk, taman botani ini sangat  cocok digunakan untuk  wahana tamasya serta bermain dan belajar. Utamanya bagi yang ingin mencari tempat wisata untuk keluarga. Bukan hanya untuk wisata keluarga saja tetapi bisa juga dengan sesama rekan kerja, sahabat  ataupun rombongan dari pelajar sekolah. Cukup dengan menempuh kurang lebih 8km dari kota kita akan sampai di taman botani ini. Lokasi Taman Botani sendiri di Jl Mujaher, Sukorambi-Jember.

Bagi yang ingin tahu seputar Taman Botani jember, berikut akan saya ulas apa saja yang ada di taman botani Sukorambi serta beberapa pengalaman saya ketika berkunjung ke destinasi wisata ini. Dengan adanya wisata Taman Botani Sukorambi membuat Jember makin rame.

 

Untuk bisa menikmati wisata yang ada di Taman Botani Sukorambi sendiri, kita perlu membayar 20.000 untuk membayar tiket masuk. dan 2000 untuk biaya tiket parkir. Harga tiket itu sebanding dengan fasilitas yang ada serta keindahan wisata di Taman Botani sendiri. Tiket 20.000 ketika saya berkunjung pada saat tanggal merah. Jangan lupa ketika kita membayar tiket masuk, Budayakan Antri ya. 

WhatsApp Image 2018-05-26 at 02.36.47.jpeg

Loket Tiket Masuk

Setelah membayar tiket masuk, kita sudah bisa masuk ke lokasi dan jangan lupa untuk parkir kendaraan kita. Jangan lupa kunci motor kita dengan kunci ganda agar aman. Tetap Jaga keamanan dimanapun kita berada ya.

WhatsApp Image 2018-05-26 at 02.41.40

Lokasi Parkir Roda 2

Setelah saya parkir kendaraan, mata saya tertuju dan fokus pada saat masuk awal tepatnya pada objek wisata Kebun Edukasi Hidroponik. Bicara hidpronik, bahwa hidroponik sekarang lagi tren di dunia pertanian. Hidponik sendiri merupakan sebuah metode menanam tumbuhan yang menjadikan air sebagai media tanamnya. Metode ini sangat mempermudah untuk mengatur pencahayaan dan hama.  Untuk Jam berkunjung sendiri pagi dimulai dari jam 08.00 – 09.00 dan sore dimulai jam 14.00 – 15.00. Disini pula terdapat beberapa banner informasi yang berisi seputar info apa itu hidroponik, keuntungannya dan sejarahnya. sehingga kebun ini memang benar edukasi hidroponik

WhatsApp Image 2018-05-26 at 02.50.35

Kebun Edukasi Hidroponik

 

Di Kebun edukasi ini, kita bisa melihat aneka sayuran yang ditanam disini. Terutama bagi yang membawa keluarga sangat cocok untuk dikunjungi karena anak anak bisa belajar mengenai hidroponik. bukan hanya untuk anak anak, tetapi yang seumuran dengan saya yaitu mahasiswa dan pelajar juga sangat cocok kebun edukasi ini dikunjungi. Karena selain menambah ilmu , kita bisa melakukan foto disekitar tanaman. Eits, Jangan sampai merusak tanaman sekitar ya.

 

Nah, disini bukan hanya bisa melihat aneka sayuran, tetapi juga bisa membelinya jika tertarik. Semisal kangkung 20.000/kg, Pakcoy 20.000/kg, Selada Keriting 30.000/kg. Sehingga setelah meninggalkan lokasi, kita bisa membawa oleh oleh sayuran untuk ibu tercinta.

WhatsApp Image 2018-05-26 at 03.46.45

Hrga Sayuran Hidroponik

Setelah mengunjungi wisata hidroponik, maka saya melakukan kunjungan ke lokasi taman bunga. Di taman bunga sendiri kita melihat kesegaran bunga yang ada di taman itu, seperti biasa karena saya termasuk generasi milenial yang tiap ada momen bagus saya abadikan, maka di taman bunga tersebut saya melakukan foto. tetapi saya juga menjaga tanaman bunga agar tidak rusak.

WhatsApp Image 2018-05-26 at 03.57.20

Taman bunga

 

Setelah dari taman bunga, saya melihat beberapa jenis tumbuhan yang ada di taman botani. dan setiap tanaman sendiri diberi nama latin sehingga ketika kita biasa menyebut nama tumbuhan dengan bahasa sehari hari, kita bisa mengerti pula bahasa latin dari tumbuhan yang sering kita jumpai. Lalu dari lokasi ini, saya berpindah ke lokasi selanjutnya yaitu Bunny and Friends Village.

DSCF5452

Bunny And Friends Village

Bunny and Friends Village merupakan tempat pemeliharaan dan perawatan berbagai jenis kelinci. Mulai dari kelinci Satin, Flemish Giant, Lop, Dutch,  Netherland Dwarf , new Zeeland , Rex dan banyak lagi. disini kita bakal tahu perawatannya serta melihat berbagai jenis kelinci yang ada.

 

Nah, seperti biasanya selain kita bisa melihat jenis kelinci. kita diperbolehkan untuk menggendongnya dan pastinya bisa berfoto dengan kelinci. tapi tolong dalam memegang dan menggendong dengan posisi yang benar ya. agar kelinci tidak merasa kesakitan

 

Setelah puas dengan melihat kegemesan dan kelucuan kelinci serta mengenal jenis jenis kelinci ,maka saya berpindah ke lokasi selanjutnya yaitu melihat aneka kolam renang yang ada di taman botani sukorambi. mulai dari kolam dengan beraneka kedalaman serta kolam pelangi. Sebelum itu saya dibingungkan dengan 2 jalan yaitu dengan melewati anak tangga atau jalan baru. Akhirnya saya memilih jalan dengan anak tangga

 

Setelah menyusuri anak tangga , kita bakal menjumpai berbagai jenis kolam renang dan banyak sekali pengunjung yang menyempatkan untuk berenang. jadi setelah kita melihat berbagai jenis wisata edukasi, kita bisa bermain di kolam renang. Sungguh lengkap taman botani sukorambi jember. Bermainnya dapat, tamasya ya dapat apalagi edukasinya. Selain itu disini juga terdapat panggung musik sehingga pengunjung bisa bernyanyi untuk menghibur pengunjung lainnya.

 

Setelah dari kolam renang, kita bakal menjumpai wisata air lainnya yaitu dengan melihat arena outbound. disana ada flying fox, bebek air.

 

Bagi kalian yang tidak ingin melakukan arena itu, kalian bisa duduk duduk di gazebo yang ada disekitar arena ini, atau bisa juga melakukan foto bersama di jembatan yang ada. selain itu udara di sekitar wilayah arena ini sangatlah sejuk. sehingga membuat saya mengantuk.

 

Setelah dari lokasi ini kita bisa berpindah ke atas menuju budidaya jamur. namun pada saat itu jamur yang akan dibudidayakan masih belum ada. sepertinya sudah panen menurut saya. karena pada saat masuk budidaya jamur masih kosongan. Ohya, selain itu disini juga terdaoat kolam pelangi yang kedua. Namun sayang, kolam pelangi ini banyak dilakukan oleh anak berusia dibawah 10 tahun bukan untuk dewasa hehe. Untuk yang ingin beli beli camilan atau makanan tersedia beberapa warung kecil.

 

Wisata tak hanya disitu saja, saya terus berjalan untuk menikmati setiap spot yang ada di Taman botani Sukorambi. Dan pada siang hari, saya merasa haus maka saya membeli es  degan ( kelapa muda . Hanya 5000 sudah bisa nerasakan kesegarannya.

WhatsApp Image 2018-05-26 at 04.58.55

Saya mengingatkan kembali, ketika kita makan minum dimanapun sekitar tempat wisata, usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya. karena dengan memulai sesuatu yang baik maka akan membuat kita makin terbiasa untuk melakukan hal baik tersebut.

DSCF5541

Jangan Membuang sampah di sembarang tempat ya kawan!!

Nah, dikompleks daerah tempat saya membuang sampah, banyak spot foto yang bisa digunakan untuk sobat foto. Berikut Beberapa Spot foto yang bisa dilakukan

DSCF5545

Spot Foto Delman ( Kurang pas karena disebelah ada panggung )

DSCF5549

Spot foto AkAR Pohon

DSCF5556

Taman BACA

Keren bukan, ditempat tadi kita bisa melakukan foto sesuai yang kita suka. Dan dari setiap perjalanan dari atas sampai ke spot ini selain suasananya yang sejuk, tempat ini sangat bersih. Itu membuat kita sebagai pengunjung merasa nyaman. Nah, dari spot foto ini saya jalan terus dan menemukan sebuah tempat khusus untuk muslimah, yaitu Muslimah Private area. Jadi tempat ini dikhususkan untuk para muslimah. Karena saya cowok, jadi saya tidak bisa memasuki tempat itu. namun saya memiliki foto tampak depan dari Muslimah private area. Dan menurut pandangan saya, sepertinya didalam memiliki fasilitas yang bagus. Untuk biaya masuk kesana, beraneka ragam tergantung berapa lama waktu kita menempati dan hari weekend atau weekday.

DSCF5560

Tarif Masuk Muslimah Private Area

DSCF5558

Muslimah Private Area

Karena saya masih belum bisa masuk ke arena itu, maka saya menikmati keindahan disekitar area ini dengan melihat ikan di pondok koi serta duduk santai di daerah tambak ikan yang ada.

 

Tempat duduk disekitar tambak

 

Pondok Koi

Ohya, informasi tambahan buat kalian yang suka foto seperti saya, utamanya ingin mencari foto dengan background kekinian. kalian bisa foto disekitar tembok Muslimah Private Area. Lumayan kok, serasa foto ala ala instagramable. Di Taman Botani Sukorambi sendiri kalau kita bisa kreatif, banyak tempat yang bagus buat dibuat spot foto ala instagramable

 

Selesai dari area ini, maka saya bergegas untuk pulang. karena sudah banyak lokasi yang saya kunjungi. diperjalanan pulang saya menemukan banyak gazebo yang bisa kita buat istirahat, lalu rumah pohon dan area live musik serta toilet yang bersih. Selain itu juga banyak aneka satwa yang saya jumpai, seperti ikan, burung merak, angsa, dan banyak lainnya. Untuk lokasi bermain pun juga tersedia banyak. Dan juga jangan khawatir soal kantin, dan tempat sholat, juga tersedia banyak. Nah taman botani sukorambi sendiri sudah lengkap dari setiap fasilitas yang ada. So, tunggu apa lagi buruan Kunjungi Taman Botani Sukorambi. Tidak hanya bertamasya , tetapi juga bermain dan belajar. cocok buat acara keluarga,sekolah dan kumpul bersama teman teman.

DSCF5565

Motor Sewa untuk keliling sekitar Area Taman Botani

 

Aneka Satwa

 

Gazebo dan rumah pohon

Matahari seperti lampu pijar

Menyinari setiap penghuni

Ingin tamasya dan belajar

Mari datang ke taman Botani

lomba blog destinasi wisata jember april 2018

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger
Advertisements

2 thoughts on “MARI BELAJAR,BERMAIN,DAN BERTAMASYA KE TAMAN BOTANI SUKORAMBI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s